Tidak bisa dipungkiri, ujung tombak dari semua jenis
usaha adalah PEMASARAN. Sebagus apapun produk dan jasa yang dimiliki
tidak akan memperoleh tingkat penjualan yang maksimal apabila faktor
pemasarannya kurang baik dan tidak tepat sasaran. Oleh karena hal
tersebut, pemasaran dalam suatu usaha memegang peanan penting dan perlu
mendapatkan perhatian ekstra. Bagaimanakah strategi pemasaran yang baik
dan efektif ? Simaklah beberapa tips dan trik berikut ini :
Ø Raih perhatian konsumen
Mungkin saja jenis usaha yang kita geluti bukanlah
pelopor atas suatu produk dengan kata lain ada juga yang menghasilkan
barang dan jasa yang sama dengan produk yang kita hasilkan. Namun
demikian, tunjukkan bahwa produk yang kita hasilkan memiliki kelebihan
dari produk sejenis lainnya, disamping itu kemasan yang meanrik juga
merupakan daya tarik tersendiri.
Ø Bangun keyakinan/ kepercayaan konsumen
Tips berikutnya dalan semua jenis usaha, bertahannya
usaha bergantung dari kepercayaan konsumen. Bangunlah kepecayaan
konsumen dengan menjaga mutu serta kualitas produk yang kita hasilkan
agar selalu prima
Ø Buat Konsumen Kagum karena pelayanan
Selain kualitas produk yang baik, pada umumnya
konsumen menyukai pelayanan yang baik pula, penanganan konsumen secara
sopan dan ramah, ketepatan waktu serta layanan paripurna yang baik
menyebabkan konsumen nyaman bertransaksi dengan kita.
Ø Kurangi resiko pembelian dengan memberikan garansi
Tunjukan bahwa konsumen adalah raja, berikan servis
yang maksimal dan jaminan bahwa produk yang kita miliki memiliki
kualitas yang prima, diantaranya memberikan layanan purna jual serta
garansi produk.
Ø Gunakan testimonial
Kepuasan pelanggan atas produk serta pelayanan yang
kita berikan menjadi “senjata yang ampuh” dalam promosi, yang banyak
diterapkasn sekarang adalah testimoni dari pelanggan yang kita miliki.
Ø Buat konsumen mudah menghubungi
Satu hal lagi yang membuat konsumen nyaman
bertransaksi dengan kita, yaitu kemudahan menghubungi kita setiap saat
mereka membutuhkan layanan serta produk yang kita miliki.
Ø Bonus win-win
Salah satu hal yang menyenangkan bagi konsumen adalah
ketika memperoleh bonus extra dari nilai transaksi yang dilakukan.
Namun demikian tetap diperhitungkan besarnya bonus atau hadiah yang kita
berikan sehingga usaha tidak mengalami kerugian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Nama dan alamat jangan lupa ya...!